Jelang Debat Pilpres, Ini Tips Memenangkan Debat

Debat capres kedua akan diselenggarakan. Debat publik ini adalah kesempatan emas bagi para capres untuk memaparkan visi dan misi kepada jutaan rakyat Indonesia. 

Debat adalah pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing. Tujuannya adalah mempersuasi audiens untuk melakukan apa yang diharapkan oleh peserta debat. Karenanya, debat publik harus dipersiapkan sebaik mungkin. Berikut ini sejumlah tips yang bermanfaat saat akan melakukan debat publik.

Pahami topik debat

Sebelum melakukan debat, sangat disarankan untuk mempelajari apa yang akan menjadi topik perdebatan. Lakukanlah riset tentang topik tersebut, mulai dari isu-isu terkini, isu-isu terpopuler, dan contoh-contoh kasus tentang topik tersebut. Modal hasil riset ini akan membantumu untuk menyusun argumen dalam debatmu. Jangan lupa menyiapkan argumen dari kedua sisi, pro dan kontra.

Inilah mengapa saya sangat setuju kedua capres diberikan bocoran pertanyaan agar kedua kubu dapat melakukan riset mendalam. Dengan riset yang mendalam, maka diharapkan kedua kubu dapat beradu argumen berdasarkan fakta dan data dari sumber yang terpercaya.

Sadari setiap tindakan

Pahami bahwa ratusan bahkan ribuan pasang mata akan menyaksikan penampilanmu dalam debat publik. Setiap tindakanmu akan menimbulkan kesan dan menjadi perbincangan audiens saat dan setelah debat berakhir. Perlu diketahui juga, bahwa kesan yang timbul dari gaya tutur dan bahasa tubuh jauh lebih berpengaruh dan lebih meyakinkan daripada pesan berbentuk kata-kata. Meskipun kamu tidak berbicara, audiens tetap mengamati gerak-gerikmu.

what-is-paralanguage-and-how-can-you-use-it-to-give-better-presentations-infographic-creating-the-total-communication-experience
Sumber: visme.co

Kendalikan diri

Dalam debat, tensi tinggi dan suasana panas seringkali menambah emosi peserta debat sehingga bahasa tubuh menjadi tidak terkendali. Pihak lawan bisa jadi akan menyerangmu dengan argumen-argumen bernada provokatif. Harapannya agar kamu emosi dan melakukan kesalahan. Kuasai emosimu dan tenangkan diri saat kamu merasa lawanmu mulai terpancing emosi. Menjaga dan menyadari setiap tindakan di depan publik seperti bahasa tubuh, kontak mata, dan gaya bertutur sangatlah penting dalam debat publik.

Perlu diingat bahwa tujuan debatmu adalah untuk memenangkan persepsi audiens. Pusatkan fokusmu pada tujuan utama, bukan semata-mata mematahkan argumen lawan.

Selamat mencoba!


Mohammad Shihab adalah praktisi komunikasi dan public relations yang memiliki keahlian strategi public relations dan penulisan konten online. Ikuti twitnya di twitter @shihabmohammad.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s